Selasa, 16 Oktober 2012

feature


FEATURE
Feature masih tergolong tulisan berita, namun mengandung informasi “lebih” ketimbang berita biasa (news). Karena mengejar aktualitas news mungkin akan mengabaikan berbagai hal yang masih tersembunyi dalam memberitakan suatu peristiwa. Giliran feature segala yang tersembunyi tersebut diungkapkan kemudian secara lengkap. Karena kelengkapannya dalam penuturan fakta, peristiwa, proses, disertai latar belakang terjadinya, duduk perkaranya, proses pembentukannya, cara kerjanya, dll feature punya daya tarik tersendiri. Karena kekuatan daya tariknya, penulisan feature “mutlak” diperlukan oleh redaksi media cetak, baik harian, apalagi mingguan, dwi-mingguan dan bulanan. Feature merupakan alternative untuk mengimbangi pesaing dari media elektronik yang tak mungkin diungguli dalam hal aktualitas dan kecepatan informasi.
Ciri khas tulisan feature
1. Mengandung human interst
      Tulisan Feature memberikan penekanan pada fakta-fakta yang dianggap mampu menggugah emosi – menghibur, memunculkan empati, keharuan,dsb. Dengan kata lain sebuah feature harus mengandung segi human interest yang menyentuh rasa manusiawi
2. Mengandung Unsur Sastra
      Feature ditulis dengan gaya menulis fiksi. Karenanya feature mirip dengan sebuah cerpen – bacaan ringan dan menyenangkan – namun tetap informative dan factual. Itu sebabnya feature disebut soft news atau berita ringan yang menghibur.
Penulisan berita (news) sebagian besar dikerjakan oleh orang dalam  media (wartawan), namun penulisan feature terbuka untuk siapapun selama memenuhi criteria penulisan disyaratkan media yang bersangkutan. Bagi lembaga yang bergelut sepenuhnya dalam bidang social tentunya hal ini merupakan peluang besar yang dapat bermanfaat bagi kegiatan promosi. Apalagi jika mengingat bahwa sebagai lembaga yang bergerak di bidang social tentunya memiliki ribuan rekaman peristiwa tentang beragam permasalahan social, ribuan data, ribuan kisah yang jika diolah akan menjadi cerita yang tak pernah ada habisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar