Selasa, 16 Oktober 2012

RPP Bahasa Indonesia Kelas XI SMA


Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :  XI / I
Pertemuan ke                 : 
Alokasi waktu                :  2 x 45 menit

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)





Standar Kompetensi       :  1.  Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara
Kompetensi Dasar           :  1.1.  Menemukan pokok-pokok isi sambutan/Khutbah yang didengar
Indikator                          :  1. Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
2.      Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
3.      Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khutbah.
1.      Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
            Menemukan pokok-pokok dari suatu sambutan/khutbah yang didengarkan
            Menuliskan pokok-pokok sambutan/khotbah yang telah didengarkan.
            Mengungkapkan kembali pokok-pokok sambutan/khutbah yang telah didengarkan
2.      Materi Ajar
Sambutan atau khotbah (pokok-pokok isi dan cara meringkas)
3.      Metode Pembelajaran
            Pendekatan                       :  Kontekstual
            Metode                              :  Penugasan, diskusi

4.      Langkah-langkah
            Kegiatan awal
-          Siswa memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan sambutan/khotbah di rumah.
            Kegiatan inti
-           Siswa mendengarkan sambutan/khotbah
-           Siswa mencatat pokok-pokok sambutan/khutbah yang dingerkan
-           Siswa menuliskan pokok-pokok sambutan ke dalam beberapa kalimat (ringkasan)
-           Siswa menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan/khutbah dengan mendapat tanggapan dari teman-temannya.

            Kegiatan Akhir
-           Guru memberikan penghargaan kepada siswa atas hasil belajarnya
-           Guru memberikan tugas untuk perbaikan/pengayaan hasil belajar siswa

5.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
-          Tape/kaset khotbah/sambutan
6.      Penilaian
            Tes Tulis
            Tugas Rumah
Soal
1.      Tentukan pokok-pokok sambutan/khotbah dari tape/kaset yang diperdengarkan !
2.      Jadikanlah pokok-pokok sambutan/khutbah ke dalam sebuah ringkasan dengan tetap memperhatikan pemakaian kaidah bahasa Indoneia secara tepat !!
3.      sampaikanlah ringkasan yang telah kalian buat kepada teman-teman ?

Tugas Rumah
Simaklah penyampaian sambutan/khotbah dari radio atau televise kemudian buatlah pokok-pokok isi dan ringkasan dari sambutan/khotbah tersebut !

Format Penilaian
No
Nama
Aspek Penilaian
Ketepatan menentukan pokok sambutan/khutbah
Kesesuaian ringkasan dengan isi sambutan/khotbah
Ketepatan pemakaian bahasa Indonesia
Sikap dalam diskusi














Keterangan :
SKM                           :  70
Kurang tepat               :  <70
Tepat                           :  70-85
Sangat Tepat               :  85-100



                                                                                          Bangil, 14 Juli 2009

Mengetahui,
Kepala UPT SMA Negeri 1 Bangil                                           Guru Mata Pelajaran





Drs. H. Prayitno, M.Pd                                                       Drs. Wahid Hasyim
NIP. 19560824 197711 1 002                                            NIP. 19610803 1990031 006























Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :  XI / I
Pertemuan ke                 : 
Alokasi waktu                :  2 x 45 menit

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)





Standar Kompetensi       :  1.  Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara
Kompetensi Dasar           :  1.2.  Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara
Indikator                          :  1. Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai, siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
2.      Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam kalimat
3.      Menyapaiakan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain.

1.      Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
1.1.    Mengidentifikasi pewawancara dan narasumber, serta pokok-pokok isi pembicaraannya
1.2.    Merangkum ke dalam beberapa kalimat seluruh pokok-pokok isi pembiacaraab dalam suatu wawancara
1.3.    Mengungkapkan kembali rangkuman isis wawancara yang telah didengarkan

2.      Materi Ajar
Wawancara radio/televise (isi pokok dan cara merangkum)

3.      Metode Pembelajaran
3.1.    Pendekatan               :  Kontekstual
3.2.    Metode                      :  Penugasan, diskusi

4.      Langkah-langkah
4.1.    Kegiatan awal
-  Siswa memahami di rumah tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan wawancara

4.2.    Kegiatan inti
-   Siswa mendengarkan wawancara
-   Siswa mencatat penanya, narasumber, dan pokok-pokok isi wawancara
-   Siswa menuliskan pokok-pokok wawancara ke dalam beberapa kalimat (rangkuman)
-  Siswa menyampaikan (secara lisan) rangkuman isi suatu wawancara dengan tanggapan dari teman-temannya

4.3.    Kegiatan Akhir
a.       Guru memberikan penghargaan kepada siswa atas hasil belajarnya
b.      Guru memberikan tugas untuk perbaikan/pengayaan hasil belajar siswa

5.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
Radio/Televisi

6.      Penilaian
6.1.    Tes Tulis
6.2.    Tugas Rumah

Soal
1.      Tentukan penanya, narasumber, dan pokok-pokok isi wawancara yang kalian dengarkan !
2.      jadikanlah pokok-pokok sambutan/khotbah ke dalam sebuah rangkuman dengan tetap memperhatikan kaidah berbahasa Indonesia !
3.      Sampaikanlah rangkuman yang telah kalian buat kepada teman-teman !

Tugas Rumah
Simaklah penyampaian wawancara dari radio atau televise kemudian buatlah pokok-pokok isi dan rangkuman dari wawancara tersebut !








Format Penilaian
No
Nama
Aspek Penilaian
Ketepatan menentukan penanya, narasumebr, dan pokok-pokok wawancara
Kesesuaian rangkuman dengan isi wawancara
Ketepatan pemakaian kaidah bahasa
Sikap dalam kegiatan diskusi














Keterangan :
KKM                           :  70
Kurang tepat               :  <70
Tepat                           :  70-85
Sangat Tepat               :  85-100


                                                                                          Bangil, 14 Juli 2009

Mengetahui,
Kepala UPT SMA Negeri 1 Bangil                                           Guru Mata Pelajaran





Drs. H. Prayitno, M.Pd                                                       Drs. Wahid Hasyim
NIP. 19560824 197711 1 002                                            NIP. 19610803 1990031 006






Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :  XI / I
Pertemuan ke                 : 
Alokasi waktu                :  4 x 45 menit

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)





Standar Kompetensi       :  2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara
Kompetensi Dasar           :  2.1 Menjelaskan secara lisan uraian topic tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku).
Indikator                          :  1. Mendata pokok-pokok isi artikel/buku yang diperoleh dari hasil membaca
2.      Menyampaikan (secara lisan) isi artikel/buku dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3.      Mengemukakan hal-hal yang menarik dalam artikel/buku yang telah dibaca dengan memberikan alasan.

1.      Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
            Mendata pokok-pokok isi suatu artikel/buku dari hasil membaca
            Menyampaikan (secara lisan) isi artikel/buku dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
            Mengemukakan hal-hal yang dianggap menarik dari artikel/buku yang telah dibaca dengan memberikan alasan.

2.      Materi Ajar
Artikel/buku (pokok-pokok dan hal yang menarik)

3.      Metode Pembelajaran
            Pendekatan                       :  Kontekstual
            Metode                              :  Penugasan, diskusi

4.      Langkah-langkah
            Kegiatan awal
-  Siswa memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan artikel/buku
            Kegiatan inti
-   Siswa membaca artikel/buku nonfiksi yang telah dipilih
-   Siswa mendata pokok-pokok isi dari artikel/buku yang telah dipilih
-   Siswa mengungkapkan kembali (secara lisan) isi artikel/buku dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
-   Siswa mengemukakan hal-hal yang menarik dalam artikel/buku yang telah dibaca dengan memberikan alasan dan tanggapan dari teman-temannya

            Kegiatan Akhir
-   Guru memberikan penghargaan kepada siswa atas hasil belajarnya
-   Guru memberikan tugas untuk perbaikan/pengayaan hasil belajar siswa

5.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
Radio/Televisi

6.      Penilaian
            Tes Tulis
            Tugas Rumah

Soal
4.      Tentukan pokok-pokok isi artikel berikut !
Kiat Sehat Selama Perjalanan
Selama dalam perjalanan, usahakan makan dan minum sesuai dengan kebiasaan di rumah. Jika terjadi keterlambatan, makanlah bekal dari rumah. Jika perjalanan panjang dalam cuaca panas atau menggunakan pendingin ruangan sehingga seseorang merasa kehausan, minuman yang tepat adalah air mineral.
Jika perjalanan melintasi wilayah dengan perbedaan waktu, perlu dilakukan penyeseuaian makan atau dosis insulin. Perjalanan kea rah timur akan memperpendek waktu. Pada pasien yang menggunakan insulin, jarak antar pemberian saat berangkat akan lebih dekat dengan pemberian berikutnya (kurang dari 24 jam). Sebaliknya, perjalanan kea rah barat akan memperpanjang waktu. Kemungkinan “hipolikemin” dapat timbul akibat jarak antara waktu makan pada saat berangkat dengan waktu berikutnya yang lebih lama. Dlam hal ini, insulin diberikan sesuai dengan dosis biasa dan ditambah camilan untuk menutupi tambahan waktu.
Bagi penderita diabetes, penyakit yang dapt timbul selama perjalanan adalah penyaikit yang berhubungan dengan diabetesnya. Selain itu, banyak juga penyakit lain yng sering dialami oleh orang yang melakukan perjalanan, yaitu diare, mabuk, dan kecelakaan kecil. Jika terjadi diare, segerahlah minum obat anti diare, dan gantilah cairan yang hilang dengan minum air putih sebanyak-banyaknya. Usahakan untuk tetap makan. Konsumsi  buah jus segar (bukan jus kaleng) untuk menggantikan elektrolit yang hilang dan tetap makan obat atau penyuntikan insulin. Mabuk perjalanan dapat diatasi dengan minum obat anti mabuk sebelum perjalanan. Sedangkan kecelakaan kecil selama perjalanan dapat pula menjadi kecelakaan serius bila tidak ditangani secara hati-hati. Jika terjadi kecelakaan seperti terjepit pintu atau terjatuh, segerahlah cuci luka dengan air bersih dan usapkanlah alcohol 70%. Jika terjadi luka serius, segerahlah tutup luka tersebut dengan kasa steril dan segeralh periksakan ke dokter setiba di tempat tujuan.
Duduk dengan waktu lama dalam perjalanan menyebabkan sirkulasi darah ke kaki terhambat. Sediakan waktu untuk memperlancar sirkulasi di daerah kaki dengan menggerakkan persendian kaki dan meluruskan lutut, berjalan-jalan di atas kendaraan, atau berhenti sejenak untuk berjalan-jalan kecil mengitari kendaraan. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan setiap dua jam. Keselamatan kaki perlu diperhatikan dengan tidak duduk berdekatan dengan mesin mobil (jika menggunakan kendaraan dengan mesin di dalam). Radiasi panas mesin mungkin tidak akan dirasakan oleh penderita diabetes yang mengalami neuropati.

(Diolah dari Majalah Senior, 21-27 November 2003)

2.      Sampaikanlah (secara lisan) isi artikel dengan bahasa Indonesia yang baik dan bnar kepada teman-teman !
3.      Ungkapkanlah hal-hal yang menarik dalam artikel/buku yang telah dibaca dengan memberikan alasan!











Format Penilaian
No
Nama
Aspek Penilaian
Ketepatan menentukan pokok-pokok isi artikel
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pengungkapan isi artikel/buku
Sikap dalam kegiatan diskusi













Keterangan :
KKM                           :  70
Kurang tepat               :  <70
Tepat                           :  70-85
Sangat Tepat               :  85-100


                                                                                          Bangil, 14 Juli 2009

Mengetahui,
Kepala UPT SMA Negeri 1 Bangil                                           Guru Mata Pelajaran





Drs. H. Prayitno, M.Pd                                                       Drs. Wahid Hasyim
NIP. 19560824 197711 1 002                                            NIP. 19610803 1990031 006







                                   
Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :  XI / I
Pertemuan ke                 : 
Alokasi waktu                :  4 x 45 menit

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)





Standar Kompetensi       :  2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara
Kompetensi Dasar           :  2.2 Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topic tertentu.
Indikator                          :  1. Mendata pokok-pokok hasil wawancara topic tertentu
2.      Membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif
3.      Menyampaikan rangkuman hasil wawancara

1.      Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
            Mencatat pokok-pokok hasil dari suatu kegiatan wawancara tentang topic tertentu.
            Membuat rangkuman suatu wawancara dengan menggunakan kalimat yang efektif.
            Menyampaikan rangkuman hasil suatu wawancara.

2.      Materi Ajar
Pertanyaan-pertanyaan dan rangkuman wawancara

3.      Metode Pembelajaran
            Pendekatan                       :  Kontekstual
            Metode                              :  Penugasan, diskusi

4.      Langkah-langkah
            Kegiatan awal
-  Siswa memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan berwawancara



            Kegiatan inti
-   Siswa membuat pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan topic yang telah dipilih.
-   Siswa melakukan kegiatan wawancara mengenai topic tertentu
-   Siswa mencatat pokok-pokok hasil wawancara
-  Siswa membuat rangkuman dari hasil wawancara dengan menggunakan kalimat yang efektif.
-  Siswa menyapaikan rangkuman hasil wawancara dan tanggapan dari teman-temannya

            Kegiatan Akhir
-   Guru memberikan penghargaan kepada siswa atas hasil belajarnya
-   Guru memberikan tugas untuk perbaikan/pengayaan hasil belajar siswa

5.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
Radio/Televisi

6.      Penilaian
            Tes Tulis
            Tugas Rumah

Soal
1.      Tentukan pokok-pokok hasil dari wawancara berikut !
Sastra        :  Selamat pagi teman-teman, tampaknya dialog kita kali ini akan berlangsung seru !
                     Sesuai kesepakatan kita kemarin, topic dialog kita kali ini adalah “bagaimana Memperoleh Buku Bacaan yang Dibutuhkan ?” Dengan dialog ini kita ingin memperoleh gambaran tentang cara-cara memperoleh bahn bacaan untuk kepentingan pengetahuan maupun hiburan. Saya lihat Novel kemarin secara khusus mewawancarai Pak Katamso (Kepala Perpustakaan). Informasi apa yang kamu peroleh dari Pak Katamso, Nov ?
Novel         :  Begini teman-teman, setiap keluarga yang berpenghasilan cukup sebaiknya menggunakan sebagian penghasilannya untuk membeli buku.
Dian          :  Buku-buku apa saja menurutmu yang sebaiknya dibeli oleh keluarga Indonesia ?
Puput        :  Saya pikir setiap keluarga mempunyai kecenderungan sendiri dalam memelih buku, bahkan antar anggota keluarga saja sering berlainan selera dalam memilih jenis bacaannya. Di rumahku, Eno, adikku, paling suka membaca seri petualangan. Sedangkan aku lebih suka membaca biografi orang-orang besar dunia. Hebat lho  mereka, pemikiran dan sikap mereka sering mengubah dunia !
Novel         :  Ya, dan untuk memilih buku kan juga harus disesuaikan dengan kemampuan kantong masing-masing.
Lastri         :  Ya, kadang aku berpikir, setiap buku yang ingin kit abaca tidak selalu kita beli. Jika memang tersedia di perpustakaan sekolah atau tempat penyewaan kita tak perlu membelinya. Kita cukup meminjam atau menyewa. Lebih irit, kan ?
Puput        :  kalau kita memang punya uang yang cukup, membeli buku-buku sains, sastra musik, atau buku apa pun yang bermanfaat, oke saja !
Novel         :  Cara yang kita pilih kita sesuaikan dengan kesempatan dan kemampuan yang ada.
Sastra        :  baiklah. Dari gagasan-gagasan yang telah disampaikan tadi dapat disimpulkan bahwa buku sangat bermanfaat pengembangan wawasan. Konsekuensinya, kita harus rajin membaca, kan ? Buku-buku itu dapat kita beli jika kita punya uang yang cukup, atau kita pinjam dari perpustakaan sekolah dan perpustakaan umum.

2.      Rangkumlah pokok-pokok hasil wawancara di atas dengan menggunakan kalimat yang efektif !

Tugas Rumah
Lakukanlah kegiatan wawancara dengan narasumber yang ada di lingkungan sekolahmu mengenai topic tertentu !









Format Penilaian
No
Nama
Aspek Penilaian
Ketepatan menentukan pokok-pokok wawancara
Penggunaan kalimat efektif dalam rangkuman hasil wawancara
Sikap dalam kegiatan diskusi













Keterangan :
KKM                           :  70
Kurang tepat               :  <70
Tepat                           :  70-85
Sangat Tepat               :  85-100


                                                                                          Bangil, 14 Juli 2009

Mengetahui,
Kepala UPT SMA Negeri 1 Bangil                                           Guru Mata Pelajaran





Drs. H. Prayitno, M.Pd                                                       Drs. Wahid Hasyim
NIP. 19560824 197711 1 002                                            NIP. 19610803 1990031 006










Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :  XI / I
Pertemuan ke                 : 
Alokasi waktu                :  4 x 45 menit

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)





Standar Kompetensi       :  3. Memahami ragam wacana   tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring
Kompetensi Dasar           :  3.1 Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif
Indikator                          :  1. Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
2.  Menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
3.  Menemukan paragraph induktif dan deduktif
4.  Mengidentifikasi ciri paragraph induktif dan deduktif
5.  Menjelaskan perbedaan antara paragraph induktif dan deduktif
6. Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraph induktif dan deduktif

1.      Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
1.1. Menemukan gagasan utama dan penjelas dalam pargraf.
            Mengidentifikasi ciri paragraph induktif dan deduktif
            Menjelaskan perbedaan antara paragraph deduktif dan induktif
            Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraph induktif dan deduktif

2.      Materi Ajar
Kalimat utama, kalimat penjelas, kalimat kesimpulan, ciri paragraph induktif, dan ciri paragraph deduktif.

3.      Metode Pembelajaran
            Pendekatan                       :  Kontekstual
            Metode                              :  Penugasan, diskusi


4.      Langkah-langkah
            Kegiatan awal
-  Siswa memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan paragraph induktif, paragraph deduktif dan frasa nominal
            Kegiatan inti
-   Siswa membaca artikel nonfiksi yang telah dipilih.
-   Siswa mendata gagasan utama dan penjelas dari paragraph dalam artikel yang telah dipilih
-   Siswa menemukan paragraph induktif dan deduktif pada seluruh artikel yang dipilih
-  Siswa menjelaskan perbedaan paragraph induktif dan deduktif
-  Siswa mengungkapkan frasa nominal yang terdapat pada paragraph induktif dan deduktif dalam artikel yang telah dipilih disertai alasan dan tanggapan dari teman-temannya

            Kegiatan Akhir
-   Guru memberikan penghargaan kepada siswa atas hasil belajarnya
-   Guru memberikan tugas untuk perbaikan/pengayaan hasil belajar siswa

5.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
Radio/Televisi

6.      Penilaian
            Tes Tulis
            Tugas Rumah


Soal
1.      Temukan kalimat utama pada setiap paragraph dalam bacaan berikut !
Merah Muda yang maskulin
Wanita membutuhkan mobil berkarakter khusus sesuai sifat mereka. Kepentingan mereka untuk mengekspresikan diri, baik karena kebutuhan maupun sekedar untuk bergaya, membuat kaum hawa makin berani mengambil keputusan berbelanja high involvemen item.apalagi saat ini, mereka sudah mendapatkan pendidikan yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Akibatnya sangat mempengaruhi gaya hidup, kebiasaan berbelanja, termasuk keputusan pembelian kendaraan roda empat.
Melihat penampilan mobil yang manis, model yang streamline, bodi mungil, pandangan luas dari balik kabin, sistem penggerak roda depan, interior yang nyaman dan mudah mengoperasikannya, serta mesin yang memiliki performa dan karakter lebih lembut, merupakan atribut dan karakter mobil segmen wanita. Hal ini juga didukung oleh penelitian yang menyebutkan bahwa kelompok wanita dewasa (berusia 30-45 tahun) membutuhkan kendaraan wanita agar dapat membantu kelancaran karier mereka. Memang menginjak usia dewasa, pilihan mobil semakin spesifik.
Namun, definisi di atas tidak berlaku bagi Wara Anif, seorang wanita karier berusia 32 tahun. Wanita ini menurunkan, kendaraan yang cocok dan merepresikan keinginannya adalah mobil yang menang dalam taruhan adu kebut. Untuk mencari kendaraan yang mampu merealisasikan hobinya, ia membolak-balik majalah atomotifnya. Dalam bayangannya, makin asyik ngebut kalau pakai sunroof. Penyuka arloji Rolex ini berhasil mendapatkan sosok Mercedes-Benz 190E. Ia pun langsung menuju Medan melalui dermaga Tanjuk Priok.
Dengan maksud agar mobilnya berbeda dari yang lain, warna hitam berubah menjadi pink pearl dengan aksen bunglon. Cat itu dibei di Jerman. Seusai urusan “ganti kulit”, velg standar diistirahatkan, gantinya Carllson RS 18 inci dipadu ban beda merek. Depan memakai Pirelli P Zero 225/35, dan ban belakang Dunlop SP Sport 8000 berukuran sama. Agar terkesan ceper, peredam kejut Biltstein dikombinasi dengan per Eibach. Karena tak mau lama menunggu, bahkan belum sempat diuji coba maksimal, mobil langsung diubah oleh Anif.(Disadur dari RSI kelas XI oleh Dawud, dkk.Hlm. 14-15).

2.      Tentukan paragraph deduktif dan induktif pada bacaan di atas !
3.      Tentukan frasa nominal pada bacaan di atas !


Tugas Rumah
Bacalah sebuah artikel dari Koran/majalah kemudian tentukan kalimat utama, paragraph induktif dandeduktif, serta frasa nominal pada setiap paragraph !







Format Penilaian
No
Nama
Aspek Penilaian
Ketepatan menentukan kalimat utama
Ketepatan menentukan paragraph induktif dan deduktif
Ketepatan menentukan frasa nominal
Ketepatan pemakaian bahasa
Sikap dalam kegiatan diskusi





















Keterangan :
KKM                           :  70
Kurang Tepat              :  < 70
Tepat                           :  70-85
Sangat tepat                :  85-100


                                                                                          Bangil, 14 Juli 2009

Mengetahui,
Kepala UPT SMA Negeri 1 Bangil                                           Guru Mata Pelajaran





Drs. H. Prayitno, M.Pd                                                       Drs. Wahid Hasyim
NIP. 19560824 197711 1 002                                            NIP. 19610803 1990031 006







Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :  XI / I
Pertemuan ke                 :  1dan 2
Alokasi waktu                :  4 x 45 menit

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)





Standar Kompetensi       :  Membaca
                                             3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring
Kompetensi Dasar           :  3.2 Membaca berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik
Indikator                          :  1. Membacakan naskah berita dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan, ucapan, tatapan mata, dan sikap membaca yang benar
2.  Membahas pembacaan berita yang dilakukan teman

1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan :
a.       Siswa dapat membacakan naskah berita dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan muka, dan sikap membaca yang benar
b.      Siswa dapat membahas pembacaan berita yang dilakukan teman

2.      Materi Ajar
Ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat membacakan berita, tekanan nada, tempo (kecepatan), jeda, intnasi, dan pelafalan kata yang jelas dan tepat. Unsur-unsur tersebut sangatlah penting dalam berbahasa lisan agar suasana lebih hidup dan komunikatif. Berikut lebih lanjut mengenai unsur-unsur tersebut.
Nada adalah tekanan tinggi rendahnya pengucapan suatu kata. Kata yang bertekanan menandakan bahwa kata itu lebih penting daripada yang lainnya. Tempo adalah cepat atau lambatnya pengucapan suatu bagian dalm kalimat. Fungsinya hamper sama dengan tekanan nada, yakni untuk mementingkan suatu kata dalam bagian kalimat. Jeda adalah penghentian sementara dalam kalimat untuk memperjelas arti. Intonasi adalah naik turunnya kalimat. Hamper sama dengan nada, intonasi fungsinya adalah sebagai pembentuk makna kalimat. Hal ini sebagaimana yang tampak antara kalimat berita, kalimat Tanya, dn kalimat perintah.
Jika pembacaan berita itu dilakukan di hadapan banyak orang kamu pun harus memperhatikan tatapan matamu. Sebaiknya, tatapan muka ditujukan ke semua arah agar audiens yang mendengarkan merasa diperhatikan. Begitu pula dengan sikap dan penampilan haruslah dijaga dengan baik.
3.      Metode Pembelajaran
            Pendekatan                       :  Kontekstual
            Metode                              :  Penugasan, diskusi

4.      Langkah-langkah
Kegiatan awal
a.       Siswa membentuk kelompok
b.      Siswa mencermati contoh pembacaan naskah berita yang diputarkan melalui CD
Kegiatan inti
a.       Masing-masing kelompok berdiskusi tentang ciri-ciri untuk membaca berita yang baik
b.      Masing-masing kelompok menampilkan satu orang untuk membaca naskah berita
c.       Masing-masing kelompok memberikan tanggapan, komentar dan pujian terhadap penampilan pembacaan berita oleh kelompok lain.
Kegiatan Akhir
a.       Guru memberikan penghargaan kepada pembaca terbaik
b.      Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri pembacaan naskah berita yang baik

5.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
5.1.  Alat                     :  Tape
5.2.  Sumber belajar    :  Contoh teks berita

6.      Penilaian
Jenis Tagihan                     :  Tugas Individu dan kelompok
Betuk Instrumen               :  Tulis dam lisan
Soal :
1.      Perhatikan dan cermati contoh pembacaan naskah berita yang diputar melalui CD. Berikan/sebutkan ciri-ciri pembacaan naskah berita yang baik !
2.      Pilihlah atau susunlah berita singkat, bacakan di depan kelas !
3.      Berikan komentar, tanggapan, kritikan, atau pujian terhadap pembacaan naskah berita teman anda !

Pedoman Penilaian
a.       Kunci no. 1 :
Ciri-ciri pembacaan naskah berita yang baik : ketepatan penggunaan lafal, dan intonasi, serta tatapan mata ditujukan ke semua arah agar audiens yang mendengarkan merasa diperhatikan. Begitu pula dengan sikap dan penampilan haruslah dijaga dengan baik.
b.      Aspek Penilaian no 1 :
Jawaban sempurna                     skor 3                                      bobot : 3
Jawaban kurang sempurna         skor 2
Jawaban tidak sempurna            skor 1

Nama
Aspek yang dinilai
Lafal
Intonasi
Tatapan muka
Sikap dan Penampilan























                                                                                          Bangil, 14 Juli 2009

Mengetahui,
Kepala UPT SMA Negeri 1 Bangil                                           Guru Mata Pelajaran





Drs. H. Prayitno, M.Pd                                                       Drs. Wahid Hasyim
NIP. 19560824 197711 1 002                                            NIP. 19610803 1990031 006

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :  XI / I
Pertemuan ke                 :  1dan 2
Alokasi waktu                :  6 x 45 menit

 
 





Standar Kompetensi       :  Membaca
                                             4.  Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah
Kompetensi Dasar           :  4.1 Menulis proposal untuk berbagai keperluan 
Indikator                          :  1. Mengidentifikasi komponen, atau unsur-unsur proposal 
2.   Menulis proposal sesuai dengan keperluan
3. Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapat masukan dari teman

1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan :
  1. Siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur proposal
  2. Siswa dapat menulis proposal sesuai dengan keperluan
  3. Siswa dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang proposal

2.      Materi Pembelajaran
Proposal disebut juga sebagai usulan kegiatan Proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Proposal diajukan dengan tujuan mendapatkan ijin atau persetujuan atas kegiatan yang akan dilaksanakan. Ada kalanya proposal diajukan untuk memohon bantuan dana, menyelenggarakan suatu pertunjukan dan sebagainya. Isi proposal harus menampilkan hal-hal atau masalah yang diusulkan dengan baik agar dapat meyakinkan penerima proposal agar menyetujui harapan proposal.
Unsur-unsur proposal di antaranya sebagai berikut :
a.      Judul Proposal
Judul proposal berisi tentang garis besar yang dimaksud dalam isi proposal/title proposal



b.      Pendahuluan (Latar Belakang)
Dalam pendahuluan berisi tentang uraian pokok permasalahan yang mendorong pembuatan proposal. Pada latar belakang harus disusun berdasarkan isi tujuan proposal.
c.       Dasar Pemikiran
Pada bagian ini berisi tentang landasan membuat proposal. Misalnya berdasarkan pada program, peraturan dan sebagainya dari penulisan proposal
d.      Masalah
Masalah yang dijangkau dalam proposal harus berkaitan dengan objek. Penetapan masalah harus bedasarkan apa yang digambarkan dalm bagian pendauhuan, dasar pemikiran, atau latar belakang. Rumusan masalah disajikan dengan menggunakan kata Tanya.
e.       Sasaran
Berisi tentang arah atu objek kegiatan yang akan diacu
f.       Jadwal Kegiatan
Jadwal kegiatan dibuat berdasarkan waktu, jenis kegiatan, dan orang yang menangani kegiatan
g.      Anggaran
Perincian penggunaan anggaran yang berisi tentang pemasukan dan peneluaran serta sumber dana
h.      Penutup
berisi kesimpulan dan tanda tangan penulis proposal dan yang menguatkan atau yang menyetujui proposal.

Contoh Proposal :
PROPOSAL PEDULI BENCANA ALAM
OSIS SMA NEGERI I BANGIL
  1. Pendahuluan (latar Belakang)
bencana yang menimpa bangsa ini (kebakaran hutan, banjir, tanah longsor) bukannya berkurang dari tahun ke tahun. Wahana lingkungan hidup Indonesia (Walhi) memprediksikan bahwa bangsa ini akan tetap dihantui bencana di tahun 2006. Pemerintah seharusnya semaikin bijak dalam membuat kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan lingkungan hidup ataupun terpeliharanya lingkungan hidup.
banyak kasus yang kita jumpai yang mencerminkan kurang pedulinya pemerintah terhadap kelestarian lingkungan hidup. sebagai contoh, penebangan hutn tanpa mempedulikan jeda terbang, pengeksporan pasir laut tanpa memperdulikan rusaknya ekosistem.
  1. Dasar Pemikiran
-          Program OSIS tentang bantuan sosial
-          Himbauan Menteri Sosial
-          Surat Edaran Walhi
  1. Masalah
-          Pemerintah belum sepenuhnya merambah kebijakan yang mengeksploitasi lingkungan hidup
-          Masih banyak masyarakat yang kurang sadar dan peduli terhadap korban bencana alam dalam membantu antar sesma.
  1. Sasaran
Membantu korban bencana alam di malang Selatan (Sitiarjo dan Sendang Biru)
  1. Jadwal Kegiatan
No
Waktu
Kegiatan
Penaggung Jawab
1
Senin, 1 Agustus 2009
Sosialisasi Proposal
OSIS dan Sekolah
2
Rabu, 3 Agustus 2009
Mendata penyumbang
OSIS
3
Kamis, 4 agustus 2009
Merancang pemberangkatan
OSIS
4
Minggu, 7 Agustus 2009
Menuju lokasi bencaa
OSIS dan Sekolah
5
Senin, 8 Agustus 2009
Evaluasi kegiatan
OSIS

  1. Anggaran Kegiatan
A.    Pemasukan
-  Dana OSIS dan Sekolah                     Rp.   1.500.000,-
-  PT. Bentoel Prima                               Rp.   2.000.000,-
-  Citra Taxi                                            Rp.      500.000,-
-  Agro Wisata                                        Rp.   1.000.000,-
JUMLAH                                              Rp.   5.000.000,-
B.     Pengeluaran
-          Bantuan Bencana Alam :
Mie Instan                                        Rp.   3.000.000,-
Lauk Pauk                                        Rp.   1.000.000,-
Obat-Obatan                                    Rp.   1.000.000,-
JUMALH                                        Rp.   5.000.000,-


  1. Penutup
demikian, proposal ini, mudah-mudahan dapat dilaksanakan dengan bik dn lancar, dan atas bantuan para penyumbang kami sampaikan terima kasih.


Ketua



M. Sholehhudin
Bangil, 25 Juli 2009
Sekretaris,



Lisandi

Kepala Sekolah,




Drs. H. Prayitno, M.Pd

Pembina OSIS




Drs. Wahid Hayim

3.      Metode Pembelajaran
              Pendekatan                     :  Kontekstual
              Metode                            :  Penugasan, diskusi

4.      Langkah-langkah
Kegiatan awal
a.       Siswa membentuk kelompok
b.      Guru memberikan ulasan tentang proposal
Kegiatan inti
a.       Masing-masing kelompok berdiskusi membaca proposal yang diberi dari guru
b.      Masing-masing kelompok mengidentifikasikan komponen-komponen yang ada dalam proposal.
c.       Masing-masing kelompok menulis sebuah proposal sesuai dengan keperluannya



Kegiatan Akhir
a.       Guru memberikan penghargaan kepada pembaca terbaik
b.      Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri pembacaan naskah berita yang baik

5.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
5.1.  Alat                     :  -
5.2.  bahan/Sumber     :  Buku yang terkait dengan proposal

6.      Penilaian
Jenis Tagihan                     :  Tugas Individu dan kelompok
Betuk Instrumen               :  Tulisan dam lisan
Soal : Buatlah sebuah proposal gelar seni di sekolah anda.
Pedoman Penilaian

No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
4
5

Merumuskan judul proposal
Mengembangkan komponen-komponen proposal
Menguraikan pesan tiap komponen
Penggunaan bahasa proposal
Penggunaan ejaan yang tepat



Kriteria skor :
-  Jawaban benar, lengkap             =    20
-  Jawaban setengah benar            =    10
-  Jawaban salah                            =    0


                                                                                          Bangil, 14 Juli 2009

Mengetahui,
Kepala UPT SMA Negeri 1 Bangil                                           Guru Mata Pelajaran





Drs. H. Prayitno, M.Pd                                                       Drs. Wahid Hasyim
NIP. 19560824 197711 1 002                                            NIP. 19610803 1990031 006



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :  XI / I
Pertemuan ke                 :  1dan 2
Alokasi waktu                :  4 x 45 menit

 
 





Standar Kompetensi       :  Menulis
                                             4.  Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, dan karangan ilmiah
Kompetensi Dasar           :  4.2 Menulis surat dagang dan surat kuasa 
Indikator                          :  1.  Mendaftar jenis surat niaga 
2.  Menulis surat perjanjian jual beli dan surt kuasa sesuai dengan keperluan
3. Menjelaskan isi surat jual beli dan surat kuasa
 4. memperbaiki surt perjanjian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EYD.

1.      Tujuan Pembelajaran
Sesudah kegiatan pembelajaran diharapkan :
  1. Siswa dapt mendaftar jenis surat niaga
  2. Siswa dapat menulis surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
  3. Siswa dapat menjelaskan isi surat jual beli dan surat kuasa
  4. Siswa dapat memperbaiki surat perjnjian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman

2.      Materi Pembelajaran
Contoh Surat Perjanjian Jual Beli
Surat Perjanjian Jual Beli Rumah
Pada hari ini, Selasa 10 September 2006, kami yang bertanda tangan di bawah ini
  1. Nama         :  Paijo Utomo
Alamat      :  jalan Wahid Hasyim 19 Pamekasan
Pekerjaan   :  Guru
Selaku penjual, selanjutnya disebut sebagai pihak kesatu
  1. Nama         :  paiman Suroyo
Alamat      :  Jalan Joko Thole 90 Pamekasan
Pekerjaan   :  Pedagang
selaku pembeli, selanjutnya disebut sebagai pihak kedua, telah bermufakat dan menerangkan hal-hal berikut.
Pasal 1
Pihak kesatu menjual sebuah rumah KRP BTN tipe 36 dengan luas tanh 80 meter persegi kepada pihak kedua dan pihak kedua membeli sebuah rumah KPR BTN tipe 36 dengan luas tanah 80 meter persegi milik pihak kesatu terletak di perumahan Tlanakan Indah, desa Tlanakan, kecamatan Tlanakan, kabupaten Pamekasan, dikenal sebegai jalan Basket Blok A 23, yang diketahui benar oleh pihak kedua.

Pasal 2
Dalam jual beli termasuk pula penyerahan c.q. penerimaan hak milik pihak kesatu atas rumah tinggal tersebut pada pasal satu di atas.

Pasal 3
……………………………..

Pamekasan, 10 September 2006
Pihak Kesatu,


Paijo Utomo
Pihak Kedua,


Paiman Suroy

Contoh Surat Kuasa
SURAT KUASA
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama         :  ……………………………
Alamat      :  ……………………………………………………………….
Dengan ini memberi kuasa kepada :
Nama         :  ……………………………
Alamat      :  ………………………………………………………………
Untuk menerima uang penarikan rekening Taplus nomor………atas nama pemberi kuasa sebesar Rp. ………………….(……………………………….) segala akibat yang timbul atas pemberian kuasa ini menjadi tanggung jawab Pemberi Kuasa sepenuhnya dengan membebaskan PT. Bank Indonesia (Persero) tbk. Dari segala tuntutan atau gugatan yang timbul dari penarikan rekening Taplus di atas

Penerima Kuasa,


………………………………
Sidoarjo,
Pemberi Kuasa,


…………………………..


3. Metode Pembelajaran
Pendekatan           :           Kontekstual
Metode      :           Penugasan dan diskusi

4.      Langkah-langkah
Kegiatan awal
a.   Siswa membentuk kelompok
b.      Guru bersama siswa berdiskusi untuk mendaftar jenis surat niaga
Kegiatan inti
    1. Masing-masing kelompok menjelaskan isi surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
    2. Sesuai dengan kelompoknya siswa menulis surat perjanjian jual beli dan suart kuasa sesuai dengan keperluan.
    3. masing-masing kelompok memberikan masukan kelompok yang tmpil tentang surat perjanjian jual beli dan surat kuasa yang dibuat untuk penyempurnaan.
Kegiatan Akhir
Guru memberikan pujian/penghargaan terhadap kelompok yang prestasinya terbaik.

5.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
5.1.  Alat                     :  -
5.2.  bahan/Sumber     :  Buku yang terkait dengan surat niaga dan surat kuasa

6.      Penilaian
Jenis Tagihan                        :        Individu dan kelompok
Betuk Instrumen                  :        Tulisan dam lisan
Soal : 1.  Buatlah surat perjanjian jual beli !
                   2.  Buatlah surat kuasa !

Pedoman Penilaian
Untuk soal no. 1
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
Unsur-unsur surat perjanjian jual beli
Isi dari pasal-pasal surat perjanjian jual beli
Ketepatan penggunaan bahasa surat perjanjian jual beli


Kriteria skor :
-  Jawaban benar, lengkap             =    20
-  Jawaban setengah benar            =    10
-  Jawaban salah                            =    0

Pedoman penilaian Untuk soal No. 2
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
Komponen surat kuasa
Isi surat kuasa
Penggunaan bahasa


Kriteria skor :
-  Jawaban benar, lengkap             =    20
-  Jawaban setengah benar            =    10
-  Jawaban salah                            =    0


                                                                                          Bangil, 14 Juli 2009

Mengetahui,
Kepala UPT SMA Negeri 1 Bangil                                           Guru Mata Pelajaran





Drs. H. Prayitno, M.Pd                                                       Drs. Wahid Hasyim
NIP. 19560824 197711 1 002                                            NIP. 19610803 1990031 006







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :  XI / I
Pertemuan ke                 : 
Alokasi waktu                :  6 x 45 menit

 
 





Standar Kompetensi       :  Menulis
                                             4.  Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah
Kompetensi Dasar           :  4.3 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan cacatan kaki 
Indikator                          :  1. Menentukan topic atau gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian) 
2.  Menyusun kerangka karya tulis
3. Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan cacatan kaki
 4. Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan cacatan kaki karya sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EYD.

1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan :
  1. Dapat menentukan topic atau gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
  2. Dapat menyusun kerangka karya tulis
  3. Dapat mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dn catatan kaki
  4. Dapat menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya sendiri atau kary teman berdasarkan struktur kalimat dn EYD.

2.      Materi Pokok
Contoh karya tulis dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
·         Unsur-unsur karya tulis
·         Daftar pustaka
·         Catatan kaki

3.      Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode
1
Pendahuluan
1)      Siswa membaca contoh kutipan dari beberapa sumber.
2)      Siswa membuat catatan kutipan dari berbagai sumber
3)      Siswa mengenal penulisan nama pengarang dalam daftar pustaka.

Inti
1)       Siswa menulis karya ilmiah dengan memanfaatkan kartu kutipan
2)       Siswa melengkapi karya ilmiah dengan daftar pustaka
3)       Siswa memperbaiki kesalahan penulisan daftar rujukan sesuai dengan kaidah yang berlaku
Pengayaan
1)         Siswa mengubah kutipan langsung menjadi kutipan tidak langsung
2)         Siswa memperbaiki kesalahan penulisan kutipan.

20’







50’







20’
Penugasan dan penilaian






Inkuiri Penugasan dan penilaian






Refleksi

4.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
Pedoman penulisan kutipan
Buku Bahasa dan sastra Indonesia untuk SMA Kelas XI

5.      Penilaian
Jenis tagihan                   :  Tugas kelompok
bentuk instrument          :  Tes tulis

Butir Soal
1.      Buatlah sebuah artikel bertema teknologi rumah lingkungan ! Dalam tulisan tersebut kamu dapat mengungkapkan pentingnya teknologi, teknologi lingkungan dengan memanfaatkan tenaga binatang, dan benda-benda alam lainya, Lakukanlah tugas ini secara berkelompok 1
2.      Panjang artikel maksimal 5 halaman, diketik, dalam kertas HVS ukuran A4 dengan jarak spasi ganda, dan ukuran huruf standar (12 point)
3.      carilah sumber rujukan yang mendukung pembahasanmu !
4.      Lengkapilah tulisanmu itu dengan daftar pustaka dan catatan kaki !
5.      Tukarkanlah hasil pekerjaan kelompokmu itu dengan kelompom teman !
Koreksilah penggunaan tanda baca, ejaan, dan ketepatan penulisan daftar pustaka dan catatan kaki !

Pedoman Penilaian
No Soal
Aspek yang dinilai
Skor
Bobot
5
Daftar Pustaka
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai

3
2
1


2
5
Catatan kaki
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai

3
2
1


2

Rumus Penilaian :
N =
Nilai maksimal                  = Nilai maksimal =
                                             Nilai minimal =

Keterangan :
-           Evaluasi hasil mengukur ketrampilan siswa dalm memberi tanggapan terhadap pementasan drama.
-           Evaluasi proses diarahkan pada ketetapan proses membuat tanggapan terhadap pementasan drama, ketekunan dalam melaksanakan tugas, dan partisipasi dalam diskusi.

Mengetahui,
Kepala UPT SMA Negeri 1 Bangil                                            





Drs. H. Prayitno, M.Pd                                                      
NIP. 19560824 197711 1 002                                          







                                                                                         Bangil, 14 Juli 2009

Guru Mata Pelajaran




 Drs. Wahid Hasyim
 NIP. 19610803 1990031 00    6
                     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :  XI / I
Pertemuan ke                 : 
Alokasi waktu                :  4 x 45 menit

 
 





Standar Kompetensi       :  Mendengarkan
                                             5.  Memahami pementasan drama
Kompetensi Dasar           :  5.1Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog dan konflik pada pementasan drama.  
Indikator                          :
·         Menentukan tokoh, peran, dan wataknya
·         Menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung
·         Menentukan tema dengan alasan
·         Menentukan pesan dengan data yang mendukung
·         Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
·         Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari.

1.       Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan :
1.      Dapat menentukan tokoh, peran, dan watak
2.      Dapat menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung
3.      Dapat menentukan tema dengan alasan
4.      Dapat menentukan pesan dengan data yang mendukung
5.      Dapat merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
6.      Dapat mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari

2.      Materi Pokok
Rekaman drama
·         Peristiw
·         Penokohan
·         Konflik
·         Pesan
·         Amanat
·         Isi drama
3.      Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode
1








2








3
Pendahuluan
1)        Siswa membaca kembali naskah drama Lagu Buat Sumiarsi,lalu menentukan pesan dalam drama tersebut.
2)        Siswa menentukan plot dan unsure-unsurnya dengan data yang mendukung.

Inti
1)      Mendengarkan rekaman drama
2)      Mengidentifikasi unsur-unsur intrisik drama
3)      Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
4)      Mengatikan isi drama dengan kehidupan sehari-hari.

Pengayaan
1)      Bersama kelompoknya, siswa menonton sebuah drama atau sinetron, lalu membuat catatan drama.
2)      Siswa menyampaikan cerita siswa yang lain melakukan penilaian sebagai dasar untuk memberikan komentar.

25’








60’








20’

Penugasan dan penilaian







Bekerja dalam kelompok penugasan dan penilaian





Refleksi

4.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
Tayangan drama
Contoh esai
Buku Bahasa dan sastra Indonesia untuk SMA Kelas XI



5.      Penilaian
Jenis tagihan                   :  Tugas kelompok
bentuk instrument          :  Tes tulis

Butir Soal
1.      Buatlah kelompok masing-masing 5 orang !
2.      Dengarkan sebuah pmentasan drama, baik melihat langsung atau melalui rekaman
3.      Lakukanlah hal-hal berikut ini :
a.       Tentukan tokoh, peran dan wataknya
b.      Tentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung
c.       Tentukan tema dengan alasan
d.      Tentukan pesan dengan data yang mendukung
e.       Rangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
f.       Kaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari

Pedoman Penilaian
No Soal
Aspek yang dinilai
Skor
Bobot
3a
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1


2
3b
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1


2
3c
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1

2
3d
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1

2
3e
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1

2
3d
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1

2




Rumus Penilaian :
N =
Nilai maksimal                  = Nilai maksimal =
                                             Nilai minimal =

Keterangan :
a.       Evaluasi hasil mengukur ketrampilan siswa dalm memberi tanggapan terhadap pementasan drama.
b.      Evaluasi proses diarahkan pada ketetapan proses membuat tanggapan terhadap pementasan drama, ketekunan dalam melaksanakan tugas, dan partisipasi dalam diskusi.


                                                                                          Bangil, 14 Juli 2009

Mengetahui,
Kepala UPT SMA Negeri 1 Bangil                                           Guru Mata Pelajaran





Drs. H. Prayitno, M.Pd                                                       Drs. Wahid Hasyim
NIP. 19560824 197711 1 002                                            NIP. 19610803 1990031 006











                     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :  XI / I
Pertemuan ke                 : 
Alokasi waktu                :  4 x 45 menit

 
 





Standar Kompetensi       :  Mendengarkan
                                             5.      Memahami pementasan drama
Kompetensi Dasar           :  5.2    Menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik  pementasan   
Indikator                          :
·         Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh (mimic, pantomomik (gerak anggota tubuh yang lain), bloking (posisi actor diatas pentas)
·         Menjelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita
·         Menjelaskn tata panggung yang menggambarkan pristiwa (tempat, waktu, suasana)
·         Menjelaskan tata bunyi (efek dan musik)
·         Menjelaskan tata lampu.

1.       Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan :
  1. Dapat mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh (mimic, pantomimic (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi actor diatas pentas).
  2. Dapat menjelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita
  3. Dapat menjelaskan tata panggung yang menggambarkan peristiwa, (tempat, waktu, suasana)
  4. Dapat menjelaskan tata bunyi (efek dan musik)
  5. dapat menjelaskan tata lampu.

2.      Materi Pokok
Rekaman drama
·         Pementasan drama
·         Gerak
·         Mimic/pantamimik
·         Blackng
·         Tata panggung
·         Tata busana
·         Tata bunyi
3.      Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode
1








2










3
Pendahuluan
1)        Siswa membaca kembali naskah drama Lagu Buat Sumiarsi,lalu menentukan pesan dalam drama tersebut.
2)        Siswa menentukan plot dan unsure-unsurnya dengan data yang mendukung.

 Inti
1)        Menonton pementasan drama
2)        Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau actionpara tokoh (mimic, pantomimic (gerak anggota tubuh yang lain), blacking (posisi actor di atas pentas)
3)        Menganalisis tat buasana, tata pnggung, tata bunyi, tata lampu

 Pengayaan
1)        Bersama kelompoknya, siswa menonton sebuah drama atau sinetron, lalu membuat catatan drama.
2)        Siswa menyampaikan cerita sinetron/drama kepada teman, sedangkan siswa yang lain melakukan penilaian sebagai dasar untuk memberikan komentar

25’








60’










20’

Penugasan dan penilaian







Bekerja dalam kelompok penugasan dan penilaian







Refleksi
4.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
Tayangan drama
Contoh esai
Buku Bahasa dan sastra Indonesia untuk SMA Kelas XI

5.      Penilaian
Jenis tagihan                   :  Tugas kelompok
bentuk instrument          :  Tes tulis

Butir Soal
  1. Buatlah kelompok 5 orang
  2. Lihatlah sebuah pementasan drama, kemudian tentukan hal-hal berikut ini :
a.       Identifikasilah pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh (mimic, pantomimic (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi actor di atas pentas )) !
b.      Jelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita !
c.       Jelaskan tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasan)!
d.      Jelaskan tata bunyi (efek dn musik)!
e.       Jelaskan tat lampunya !

Pedoman Penilaian
No Soal
Aspek yang dinilai
Skor
Bobot
2a
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2
2b
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2
2c
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2
2d
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2
2e
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2

Rumus Penilaian :
N =
Nilai maksimal                  = Nilai maksimal =
                                             Nilai minimal =

Keterangan :
-          Evaluasi hasil mengukur ketrampilan siswa dalam memberi tanggapan terhadap pementasan drama
-          Evaluasi proses diarahkan pada ketepatn proses membuat tanggapan terhadap pementasan drama, ketekunan dalam pelaksanaan tugas, dan partisipasi dalam diskusi



                                                                                          Bangil, 14 Juli 2009

Mengetahui,
Kepala UPT SMA Negeri 1 Bangil                                           Guru Mata Pelajaran





Drs. H. Prayitno, M.Pd                                                       Drs. Wahid Hasyim
NIP. 19560824 197711 1 002                                            NIP. 19610803 1990031 006
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :  XI / I
Pertemuan ke                 : 
Alokasi waktu                :  6 x 45 menit

 
 





Standar Kompetensi       :  Berbicara
                                             6.      Memerankan tokoh dalam pementasan drama
Kompetensi Dasar           :  6.1.  Menyampaikan dialog tokoh disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak    
Indikator                          :
·         Membaca dan mengalami teks drama yang akan diperankan
·         Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
·         Menyampaikan dialog disertai gerak-gerak dan mimic, sesuai dengan wqatak tokoh

1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan :
  1. Dapat membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
  2. Dapat menghayati watak tokoh yang akan diperankan
  3. Dapat menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimic, sesuai dengan watak tokoh

2.      Materi Pokok
Naskah drama
·         Gerak (action)
·         Mimic/pantamimik
·         Blackng
·         Tata panggung
·         Tata busana
·         Tata bunyi
·         Tata lampu




3.      Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode
1






2















3
Pendahuluan
1)        Siswa berlatih mengucapkan dialog dengan lafal yang jelas.
2)        Siswa membaca dialog dengan memperhatikan kecukupan volume suara
3)        Siswa membaca dialog dengan tekanan yang tepat.
 Inti
·           Siswa memilih dan memahami naskah yang akan didramatisasikan
·           Siswa melakukan pemilihan peran dan berlatih membaca naskah
·           Siswa membaca naskah sesuai dengan pembagian peran
·           Siswa merancang panggung, menggunakan pakaian, dan peralatan pentas
·           Bersama kelompoknya, siswa berlatih acting.
·           Siswa mengamati dan mendengarkan latihan pentas
·           Siswa memahami petunjuk memerankan naskah drama
·           Mendikusikan penyampaian dialog teman
 Pengayaan
1)        Siswa mempersiapkan kondisi psikologis dan emosi pemeran
2)        Siswa merancang pentas keliling
3)        Siswa menyampaikan cerita sinetron/drama kepada teman, sedangkan siswa yang lain melakukan penilaian sebagai dasar untuk memberikan komentar


25’






60’















20’

Penugasan dan penilaian





Bekerja dalam kelompok penugasan dan penilaian












Refleksi


4.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
Tayangan drama
Tayangan pementasan drama
Buku Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XI

5.      Penilaian
Jenis tagihan                   :  Tugas kelompok
bentuk instrument          :  Tes tulis

Butir Soal
  1. Buatlah kelompok 5
  2. Cari sebuah naskah drama yang mudah didapatkan di perpustakaan !
  3. Lakukanlah hal-hal sebagai berikut :
a.       Baca dan pahami teks drama yang akan diperankan !
b.      Hayati dan pahami teks drama yang akan diperankan !
c.       Sampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimic, sesuai dengan watak tokoh !
Pedoman Penilaian
No Soal
Aspek yang dinilai
Skor
Bobot
3a
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2
3b
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2
3c
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2

Rumus Penilaian :
N =
Nilai maksimal                  = Nilai maksimal =
                                             Nilai minimal =

Keterangan :
a.       Evaluasi hasil mengukur ketrampilan siswa dalam memberi tanggapan terhadap pementasan drama
b.      Evaluasi proses diarahkan pada ketepatn proses membuat tanggapan terhadap pementasan drama, ketekunan dalam pelaksanaan tugas, dan partisipasi dalam diskusi




                                                                                          Bangil, 14 Juli 2009

Mengetahui,
Kepala UPT SMA Negeri 1 Bangil                                           Guru Mata Pelajaran





Drs. H. Prayitno, M.Pd                                                       Drs. Wahid Hasyim
NIP. 19560824 197711 1 002                                            NIP. 19610803 1990031 006
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :  XI / I
Pertemuan ke                 : 
Alokasi waktu                :  6 x 45 menit

 
 





Standar Kompetensi       :  Berbicara
                                             6.      Memerankan tokoh dalam pementasan drama
Kompetensi Dasar           :  6.2.  Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis
Indikator                          :
·         Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
·         Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
·         Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis, antagonis, atau tirtagonis
·         Mendiskusikan pengekspresian perilaku dan dialog yang disampaikan teman

1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan :
  1. Dapat membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
  2. Dapat menghayati watak tokoh yang akan diperankan
  3. Dapat mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis, antagonis atau tirtagonis
  4. Dapat mendiskusikan pengekpresian perilaku dan dialog yang disampaikan teman 

2.      Materi Pokok
Naskah drama
·         Penghayatan watak tokoh
·         Tokoh protagonist
·         Tokoh antagonis







3.      Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode
1






2












3
Pendahuluan
1)        Siswa berlatih mengucapkan dialog dengan lafal yang jelas.
2)        Siswa membaca dialog dengan memperhatikan kecukupan volume suara
3)        Siswa membaca dialog dengan tekanan yang tepat.
 Inti
  1)      Siswa memilih dan memahami naskah yang akan didramatisasikan
  2)      Siswa melakukan pemilihan peran dan berlatih membaca naskah
  3)      Siswa merancang panggung, menggunakan pakaian, dan peralatan pentas
  4)      Bersama kelompoknya, siswa berlatih akting.
  5)      Siswa mengamati dan mendengarkan latihan pentas
  6)      Siswa memahami petunjuk memerankan naskah drama
Pengayaan
1)      Siswa mempersiapkan kondisi psikologis dan emosi pemeran
4)        Siswa merancang pentas keliling

25’






60’












50’

Penugasan dan penilaian





Bekerja dalam kelompok penugasan dan penilaian









Refleksi

4.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
Tayangan drama
Tayangan pementasan drama
Buku Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XI

5.      Penilaian
Jenis tagihan                   :  Tugas kelompok
bentuk instrument          :  Tes tulis

Bentuk soal
Butir Soal
  1. Buatlah kelompok 5
  2. Cari sebuah naskah drama yang mudah didapatkan di perpustakaan !
  3. Lakukanlah hal-hal sebagai berikut :
a.       Baca dan pahami teks drama yang akan diperankan !
b.      Hayati dan pahami teks drama yang akan diperankan !
c.       Ekspresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis, antagonis, dan tirtagonis !
d.      Diskusikan pengekspresian perilaku dan dialog yang disampaikan teman !

Pedoman Penilaian
No Soal
Aspek yang dinilai
Skor
Bobot
3a
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2
3b
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2
3c
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2
3d
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2
Rumus Penilaian :
N =
Nilai maksimal                  = Nilai maksimal =
                                             Nilai minimal =

                                                                                          Bangil, 14 Juli 2009

Mengetahui,
Kepala UPT SMA Negeri 1 Bangil                                           Guru Mata Pelajaran





Drs. H. Prayitno, M.Pd                                                       Drs. Wahid Hasyim
NIP. 19560824 197711 1 002                                            NIP. 19610803 1990031 006


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :  XI / I
Pertemuan ke                 : 
Alokasi waktu                :  4 x 45 menit

 
 





Standar Kompetensi       :  Berbicara
                                             7.  Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan
Kompetensi Dasar           :  7.1. Menemukan unsur-unsur intrinsic dan ekstrinsik hikayat
Indikator                          :
·         Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk sastra lama
·         Menemukan unsur-unsur intrinsic (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
·         Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahas sendiri

1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan :
  1. Dapat mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
  2. Dapat menemukan unsur-unsur intrinsic (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
  3. Dapat menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri

2.      Materi Pokok
Teks hikayat
·         Ciri-ciri hikayat
·         Unsur-unsur intrinsic (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)







3.      Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode
1







2












3
Pendahuluan
1)        Siswa diajak membaca hikayat dan memahami isinya.
2)        Siswa mengidentifikasi ciri-ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra berdasarkan hasil membaca dengan menemukan pernyataan dalam teks yang menunjukkan ciri tersebut.
Inti
1)        Siswa menjelaskan alur hikayat
2)        Bersama kelompoknya, siswa menjelaskan tema hikayat
3)        Bersama kelompoknya, siswa berdiskusi untuk menemukan pesan-pesan tentang nilai kebenaran yang disampaikan tokoh protagonist.
4)        Siswa menyimpulkan pesan pengarang yang berisi nilai kebenaran berdasarkan satuan peristiwa yang dialami tokoh.
5)        Siswa menjelaskan penokohan dalam hikayat.
Pengayaan
1)        Bersama teman sebangkunya, siswa bergantian menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri
2)        Siswa menilai caratemannya menceritakan hikayat dengan menggunakan format penilaian yang tersedia


20






5’












2’

Penugasan dan penilaian





Bekerja dalam kelompok penugasan dan penilaian









Refleksi

4.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
Teks hikayat
Buku Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XI

5.      Penilaian
Jenis tagihan                   :  Tugas kelompok
bentuk instrument          :  Tes tulis
Bentuk soal
Butir Soal
  1. Buatlah kelompok 5
  2. Cari sebuah teks hikayat yang mudah didapatkan di perpustakaan !
  3. Lakukanlah hal-hal sebagai berikut :
a.       Identifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama !
b.      Temukan unsur-unsur intrinsic (alur, penokohan, sudut pandang, latar dan amanat) dalam hikayat !
c.       Ceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri !

Pedoman Penilaian
No Soal
Aspek yang dinilai
Skor
Bobot
3a
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2
3b
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2
3c
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2
3d
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2

Rumus Penilaian :
N =
Nilai maksimal                  = Nilai maksimal =
                                             Nilai minimal =
                                                                                          Bangil, 14 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala UPT SMA Negeri 1 Bangil                                           Guru Mata Pelajaran



Drs. H. Prayitno, M.Pd                                                       Drs. Wahid Hasyim
NIP. 19560824 197711 1 002                                            NIP. 19610803 1990031 006


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :  XI / I
Pertemuan ke                 : 
Alokasi waktu                :  4 x 45 menit

 
 





Standar Kompetensi       :  Membaca
                                             7.  Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan
Kompetensi Dasar           :  7.2.  Menganalisis unsur-unsur intrinsic dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan
Indikator                          :
·         Menganalisis unsur-unsur dan eksrtrinsik (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonesia
·         Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrisik (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel terjemahan
·         Membandingkan unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsic novel terjemahan dengan novel Indonesia

1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan :
1.      Dapat menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsic (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar dan amanat) novel Indonesia
2.      Dapat menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsic (alur, tema, penokohan, sudut andang, latar dan amanat) novel terjemahan
3.      Dapat membandingkan unsur ekstrinsik dan intrinsic novel terjemahan dengan novel Indonesia

2.      Materi Pokok
Novel Indonesia dan novel terjemahan
·         Unsur intinsik (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)
·         Unsur-unsur ektrinsik dalam novel terjemahan (nilai budaya, sosial, moral, dan lain-lain).



3.      Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode
1






2










3
Pendahuluan
1)        Siswa membaca dengan cermat novel terjemahan lalu mengerjakan latihan yang menyertai teks novel tersebut.
2)        Siswa menentukan unsur latar belakang budaya dalam novel tersebut.
3)        Siswa mendiskripsikan watak tokoh sentral tunggal dalam novel terjemahan tersebut.
Inti
1)       Siswa membaca novel Indonesia dan novel terjemahan
2)       Siswa menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsic (alur, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonesia dan terjemahan.
3)       Siswa membandingkan unsur ekstrinsik dan intrinsic novel terjemahan dengan novel Indonesia
Pengayaan
1)      Siswa membandingkan dan mendiskusikan nilai-nilai budaya, moral, dan agama dalam novel terjemahan dengan novel Indonesia
2)      Siswa mengatikan nilai-nilai dalam novel dengan kehidupan sehari-hari.


20’






55’









15’

Inkuiri






Penugasan dan penilaian








Refleksi

4.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
Novel Indonesia dan novel terjemahan
Buku Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XI

5.      Penilaian
Jenis tagihan                   :  Tugas kelompok
bentuk instrument          :  Tes tulis

Bentuk soal
Butir Soal
1.      Buatlah kelompok 5
2.      Cari sebuah novel Indonesia dan novel terjemahan yng mudah didapatkan di perpustakaan sekolah anda !
3.      Lakukanlah hal-hal sebagai berikut :
1.      Analisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsic (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar dan amanat) novel Indonesia !
2.      Analisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsic (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar dan amanat) novel terjemahan!
3.      bandingkan unsur nnekstrinsik dan intrinsic novel terjemahan dengan novel Indonesia !

Pedoman Penilaian
No Soal
Aspek yang dinilai
Skor
Bobot
3a
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2
3b
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2
3c
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
3
2
1
2

Rumus Penilaian :
N =
Nilai maksimal                  = Nilai maksimal =
                                             Nilai minimal =

                                                                                          Bangil, 14 Juli 2009

Mengetahui,
Kepala UPT SMA Negeri 1 Bangil                                           Guru Mata Pelajaran





Drs. H. Prayitno, M.Pd                                                       Drs. Wahid Hasyim
NIP. 19560824 197711 1 002                                            NIP. 19610803 1990031 006


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :  XI / I
Pertemuan ke                 : 
Alokasi waktu                :  4 x 45 menit

 
 





Standar Kompetensi       :  Membaca
                                             8.  Mengungkapkan informasi melalui penulisan resensi
Kompetensi Dasar           :  8.1 Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi
Indikator                          :
·         Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi :
-          Identitas buku
-          Kepengarangan
-          Keunggulan buku
-          Kelamahan buku
-          Ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
-          Kesimpulan

I.       Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan :
  1. Menentukan prinsip-prinsip penulisan resensi
  2. Membuat cacatan mengenai hal-hal yang ditulis dalam resensi.
  3. Menanggapi resensi yang ditulis
  4. Menyimpulkan resensi yang ditulis

II.    Materi Ajar
Resensi novel sastra atau novel popular dengan memperhatikan unsur-unsur resensi.
·         Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi :
-          Identitas buku
-          Kepengarangan
-          Keunggulan buku
-          Kelemahan buku
-          Kesimpulan
-           
III.       Metode Pembelajaran
-          Konstruksivisme
-          Bertanya
-          Masyarakat belajar
-          Refleksi

IV.       Langkah-langkah
            Kegiatan siswa
-          Siswa diajak memahami resensi
-          Mengenalkan bagian-bagian buku
            Kegiatan Inti
-          Membaca dengan cermat contoh resensi yang ada.
-          Menjawab pertanyaan tentang karakteristik fiksi novel yang ada di resensi.
-          Memahami isi resensi
            Kegaiatan Akhir
-          Siswa mencari resensi sebuah novel sastra atau novel popular dari majalah atau surat kabar
-          Siswa membaca dengan cermat resensi tersbut, lalu menuliskan prinsip-prinsip resensi yang dikemukakan oleh perensensi.
-          Siswa menuliskan tanggapan tanggapan tentang resensi novel tersebut.

V.          Alat/Bahan/Sumber Belajar
-           Media
-           Contoh resensi novel sastra atau novel popular
-           Buku pelajaran

VI.       Penilaian
a.       Jenis tagihan
-           Tugas individu
-           Tugas kelompok
b.  Efektif
-  Sikap siswa dalam mengikuti KBM
c.  Kognitif
-  Penilaian terhadap pemahaman siswa tentang penulisan resensi
-  Menilai kecakapan siswa dalam menulis resensi
 a.  Identitas buku
b.  Kepengarangan
c.  Keunggulan buku
d.  Kelemaan buku
e.  Ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
f.  Kesimpulan

VII.    Butir Soal
PEDOMAN PENILAIAN

Pedoman Penilaian
No Soal
Aspek yang dinilai
Skor
Bobot
1
·         Jawaban sesuai
·         Jawaban kurang sesuai
·         Jawaban tidak sesuai
5
2
1

3
2
Bahasa yang digunakan
-           Komunikatif
-           Sulit dimengerti


5
3


3

3
Ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca
-           Sesuai EYD
-           Tidak sesuai EYD


5
3


3

Rumus Penilaian :
N =
Nilai maksimal                  = Nilai maksimal =
                                            


                                                                                          Bangil, 14 Juli 2009

Mengetahui,
Kepala UPT SMA Negeri 1 Bangil                                           Guru Mata Pelajaran





Drs. H. Prayitno, M.Pd                                                       Drs. Wahid Hasyim
NIP. 19560824 197711 1 002                                            NIP. 19610803 1990031 006




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :  XI / I
Pertemuan ke                 :  ………………..
Alokasi waktu                :  4 x 45 menit

 
 





Standar Kompetensi       :  Menulis
                                             8.  Mengungkapkan informasi melalui penulisan resensi
Kompetensi Dasar           :  8.2    Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi
Indikator                          :
Menulis resensi novel dengan memperhatikan :
·         Identitas buku
·         Kepengarangan
·         Keunggulan buku
·         Kelemahan buku
·         Ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

I.       Tujuan Pembelajaran
  1. Menentukan unsur-unsur penulisan resensi
  2. Membuat cacatan mengenai hal-hal penting
  3. menanggapi resensi yang ditulis
  4. menyimpulkan resensi yang ditulis

II.    Materi Ajar
Unsur-unsur penulisan resensi :
·         Identitas buku
·         Kepengarangan
·         Keunggulan buku
·         Kelemahan buku
·         Ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD.

III. Metode Pembelajaran
-           Penugasan
-           Bertanya
-           Bekerja dalam kelompok
-           Refleksi

IV. Langkah-langkah
            Kegiatan Awal
-          Guru memberi motivasi dalam penulisan
-          Memperhatikan kembali contoh resensi pada pelajaran terdahulu
-          Menulis resensi dengan ejaan yang benar
-          Menulis identitas buku pada resensi
            Kegiatan inti
-           Memilih novel untuk bahan penulisan resensi
-           Menulis gambaran umum isi novel yang diresensi
-           Menulis manfaat yang diperoleh setelah membaca novel
-           Membacakan dan mendiskusikan hasil penulisan resensi
            Kegiatan Akhir
-           Menukarkan resensi yang dibuat dengan resensi teman sebangku, lalu memberikan saran-saran perbaikan terhadap karya teman
-           Memperhatikan resensi yang telah diperbaiki berdasarakan saran dari teman

V.    Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
-                            Media
-                            Contoh resensi
-                            Pedoman penulisan resensi
-                            Buku pelajaran

VI. Penilaian
a.       Jenis tagihan
-           Pertanyaan ejaan / tertulis
-           Tugas kelompok
b.   Efektif
-  Sikap siswa dalam mengikuti KBM
c.  Kognitif
-  Penilaian terhadap pemahaman siswa tentang penulisan resensi
-  Menilai kecakapan siswa dalam menulis unsur-unsur resensi


VII.          Butir Soal
1.      Bacalah resewnsi novel yang anda temukan !
2.      Tentukan kelengkapan unsur-unsur dalam merensensi novel !
3.      Catatlah hal-hal penting yang terkandung dalam resensi novel !
4.      Tanggapilah resensi tersebut sesuai dengan pemahamanmu !
5.      Buatlah kesimpulan dari resensi tersebut !



                                                                                          Bangil, 14 Juli 2009

Mengetahui,
Kepala UPT SMA Negeri 1 Bangil                                           Guru Mata Pelajaran





Drs. H. Prayitno, M.Pd                                                       Drs. Wahid Hasyim
NIP. 19560824 197711 1 002                                            NIP. 19610803 1990031 006



















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar