Selasa, 16 Oktober 2012

Surat Pembaca


SURAT PEMBACA
Surat pembaca (atau apapun namananya) adalah ruang terbuka di media cetak untuk diisi oleh siapa pun pembaca, baik secara perorangan maupun mewakili suatu lembaga. Penelitian memberikan bukti yang meyakinkan bahwa ruang di media massa cetak ini merupakan bagian yang tak pernah dilewatkan untuk dibaca oleh sebagian besar pembaca. Adanya kedekatan dan kesamaan posisi (sebagai pembaca), adanya persamaan pengalaman terhadap masalah-masalah yang diutarakan (karena umumnya masalah-masalah keseharian dan bersifat public), ruang Surat Pembaca banyak penggemar.
Bagi pihak media sendiri, ruang Surat Pembaca bukanlah semata hanya untuk menampung keluh kesah. Sebagian diantaranya bahkan dijadikan bahan dasar untuk investigasi lebih lanjut.
Bagi lembaga yang memiliki komitmen tinggi terhadap advokasi social, ruang Surat Pembaca seyogyanya dilirik sebagai wahana penyebarluasan isu yang senantiasa dimanfaatkan secara rutin. Bahkan untuk isu tertentu, lembaga dapat mengorganisir agar sejumlah media kebanjiran surat-surat yang mengungkap masalah yang sama.
Beberapa Tips untuk Pemanfaatan Ruang Surat Pembaca sebagai media promosi
·       Pilih isu yang bersifat publik, terutama yang tengah popular
·       Jika menyangkut isu-isu lama, hubungkan dengan kejadian-kejadian penting yang tengah terjadi (pengungsi, pekerja migrant, kemiskinan dengan bencana alam) atau hari-hari yang akan diperingati (wanita rawan social dengan Hari Kartini, anak terlantar, anak nakal dengan Hari Anak-Anak Nasional, dsb.)
·       Gunakan orang (pengirim surat) dari luar lembaga. Kalau terpaksa, bisa saja asal pada KTP tidak memuat status sebagai karyawan Lembaga tersebut (karena umumnya pengirim surat wajib melampirkan KTP)
·       Jangan pernah menggunakan identitas pengirim surat yang sama
·       Sekali-kali pihak lembaga mengirim surat balasan/penjelasan terhadap suatu isu pada surat pembaca yang muncul(yang dibuat sendiri)
Kolom Surat Pembaca di media koran atau majalah menjadi peluang bagi kita untuk berkomentar seputar berita hangat atau opini yang dimuat dalam sebuah media terkait.
Petunjuk dan aturan berikut umum berlaku pada sebagian besar media massa:
·       isi padat dan singkat (sekitar 250 kata atau kurang)
·       biodata harus jelas dan lengkap. Seperti nama lengkap, alamat rumah, dan nomor telpon.
·       tidak memakai attachment. Tulis langsung dalam email.
·       di subject email tulis “Surat Pembaca”.
·       media berhak untuk mengedit, menyingkat atau menolak surat Anda.
·       Surat Anda harus eksklusif pada satu media. Jangan dikirim ke media lain kecuali kalau jelas di media tsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar